Pages

10/11/11

Potensi Bisnis Internet Hasilkan Omset Puluhan Juta Sebulan

Makin tingginya pengguna internet menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk memasarkan produknya melalui online. Kini bisnis online dinilai cukup berpotensi meraup omzet hingga puluhan juta rupiah dalam sebulan.

’’Fenomena bisnis online semakin meningkat trendnya seiring booming jejaring sosial Facebook. Namun, perlu disadari resiko berbisnis online juga semakin besar. Mereka perlu mengusai kiat-kiat menuju kesuksesan,’’ papar Online Strategist, CEO Virtual Consulting Nukman Luthfie pada workshop Sukses Membangun Bisnis Online di Rumah Makan Padang Nusantara, baru-baru ini.

Menurutnya, hampir 50% dari 50 juta pengguna internet di Indonesia melakukan transaksi online. Jenis paling populer transaksi online, di antaranya, pemesanan tiket pesawat, pembelian buku, baju, sepatu, tas, mukena, serta aksesori lainnya. Seperti usaha online Kutubuku.com yang memperoleh omzet lebih besar dibanding usaha offline. Dalam setahun, dia bisa mengantongi Rp 150 juta per bulan dari buku yang dijualnya melalui internet.

Kegiatan yang digagas Jaringan Rumah Usaha bersama PUPUK Kadin Jateng ini juga memberikan tips khusus kepada puluhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Semarang yang hadir tentang bagaimana mengembangkan bisnis online.

Nukman memaparkan, pengusaha hendaknya menjaga kepercayaan dari konsumen yang memesan. Produk yang difoto harus menarik di internet, kemasan dan distribusinya baik, pembayarannya efisien serta perlu bergabung dengan toko online untuk memasarkan produk, misal Juale.com.

Direktur Jaringan Rumah Usaha Ilik SAS mengungkapkan, usaha yang sukses adalah usaha yang bisa memadukan bisnis dengan teknologi. ’’Apalagi saat ini banyak UMKM yang menghasilkan puluhan juta rupiah hanya menjalankan usaha lewat internet saja,’’ kata dia. (sumber: suaramerdeka.com/2010)

by: Bisnis Internet

Baca juga:
4 Hal Dasar Ketika Anda Memutuskan Menjalankan Bisnis Internet
5 Cara Menghasilkan Uang Dari Bisnis Internet

No comments: