Pages

10/10/11

Bisnis Warung Internet Apakah Menguntungkan?

Bisnis warnet di Indonesia sangat potensial. Sebanyak 60% pengguna internet mengakses dari warnet. "Peningkatan pengguna internet terus terjadi sekitar 25% setiap tahunnya," kata Managing Partner Asia Public Relation Silih Agung Wasesa di Semarang, saat menjadi pembicara dalam talkshow "Kompetensi Profesional Komunikasi di Era Kekuasaan Media Baru" di kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Ia mengatakan,berdasarkan perhitungan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terdapat sekitar 25 juta pengguna internet di Indonesia. Pengguna yang memanfaatkan internet di kafe atau warung internet (warnet) paling tinggi, yaitu sebesar 60%.

Sedangkan pengguna yang memanfaatkan internet di kantor sebesar 20,4% di kampus dan sekolah 10%, dan pengguna internet di rumah hanya sebesar 0,4%, kata Silih. "Setiap pengguna rata-rata dapat menghabiskan waktu 1-2 jam per hari dalam menggunakan internet," katanya.

Ia menjelaskan, kenaikan pengguna internet juga dicerminkan data dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Aplikasi Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) pertumbuhan situs yang berakhiran ".id" naik sekitar 53% per tahun dalam kurun waktu 1998-2006.

"Pada 2008 tercatat ada lebih dari 70 ribu situs, sementara tahun 2009 diperkirakan ada tambahan lima ribu pengguna baru," katanya.

Silih menambahkan, jumlah blogger (pengguna blog di internet) di Indonesia juga mengalami peningkatan. "Semula, jumlah blogger tahun 2007 hanya 130.000 orang, kemudian tahun 2008 menjadi 600 ribu blogger, dan diperkirakan meningkat menjadi 1,2 juta blogger pada 2009," katanya.(sumber: inilah.com/2009)

by: Bisnis Internet

Baca juga:
5 Cara Menghasilkan Uang Dari Bisnis Internet
2 Cara Hasilkan Uang Dari Internet Bagi Pemula

No comments: